Twitter Updates

Pages

Minggu, 26 April 2015

Reume perkuliahan pertemuan ke-9, penciptaan dan pengembangan produk

Menciptakan dan mengembangkan produk
Produk baru diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan para produsen terus berinovasi menciptakan produk terbaru agar pelanggan merasa terpenuhi segala kebutuhannya. Untuk menciptakan suatu produk baru perlu diadakan evaluasi terhadap produk yang sudah ada. Evaluasi itu dilakukan untuk melihat tanggapan dari konsumen atas produk tersebut. Selain itu evaluasi dilakukan pula untuk melihat harapan-harapan konsumen tentang apa yang diinginkannya.
Siklus hidup produk
Siklus hidup produk ada karena umur produk yang terbatas, yang dimaksud umur produk terbatas adalah sebuah produk tidak akan bertahan selamanya dipasaran. Dalam perjalanannya penjualan produk di pasaran akan menghadapi masalah dan tantangan yang berbeda. Oleh karena itu perlu adanya siklus hidup produk ini agar produk tersebut dapat tetap bertahan dipasaran. Pada siklus hidup produk ini terjadi perubahan laba mulai dari laba yang meningkat saat produk tersebut digemari dan menjadi pilihan utama pelanggan, hingga produk mulai mendapat saingan baru sehingga pelanggan beralih ke produk baru. Produk memerlukan strategi pemasaran, keuangan, manufaktur, pembelian, dan sumberdaya manusia yang ahli
Tahap siklus produk
Seperti siklus pada umuna, produk juga memiliki tahapan yang harus dilalui dalam sebuah siklus. Berikut ini adalah tahapan siklus pada sebuah produk:
1.     Tahap penemuan dan pengembangan produksi (discovery and development)
Pada tahap yang pertama ini adalah bagaimana menemukan sebuah produk dan mengembangkan produk tersebut. Produk tersebut dibuat berdasarkan hasil evaluasi tentang tanggapan konsumen dan dan harapan-harapan mereka mengenai suatu produk.
2.     Tahap perkenalan (introduction)
Tahap ini sebuah produk dipromosikan dipasaran, hal ini dilakukan untuk mengambil hati konsumen.
3.     Tahap pertumbuhan (growth) 
Setelah ditemukan sebuah produk yang dapat memenuhi harapan dari pelanggan dan produk tersebut telah diterima oleh masyrakat secara otomatis produk tersebut akan terus tumbuh. Pertumbuhan produk akan tumbuh sesuai dengan citra yang diciptakan oleh produk tersebut.
4.     Tahap Kedewasaan (Maturity)
Tahap ini merupakan tahap puncak siklus produksi, produk mulai mendapatkan segalanya yang diharapkan sejak awal produk ini dibuat.
5.     Tahap penurunan (decline)
Setelah sebuah produk mencapai kejayaannya tentu saja ada saat dimana pelanggam mulai jenuh dengan produk tersebut. Itulah yang dinamakan tahap penurunan dalam sebuah siklus produk. Lama atau cepat terjadinya tahap ini tergantung bagaimana cara perusahaan mengelola produk saat berada dipuncak.
Enam kategori produk baru
a.      Produk baru bagi dunia
b.      Lini produk baru
c.       Tambahan pada lini produk yang telah baru
d.      Perbaikan dan revisi produk yang telah ada
e.      Repositioning/penentuan kembali posisi
f.        Pengurangan biaya

Mengapa Produk Gagal?
·        Ekslusif level tinggi mungkin memaksakan gagasan
·        Harapan yang terlalu berlebihan akan sebuah produk
·        Produk tidak dirancang dengan baik
·        Salah memperkirakan pasar, iklan tidak efektif, dan harga produk terlalu mahal
·        Gagal mendapat dukungan dari pelanggan dan cakupan distribusi yang sempit
·        Biaya pengembagan produk yang lebih tinggi daripada pendapatan yang dihasilkan

·        Adanya pesaing yang lebih gencar menawarkan suatu produk yang sama

0 komentar:

Posting Komentar