Pengertian Marketing Mix (Bauran
Pemasaran)
·
Menurut
Alma dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa
“Marketing Mix” adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran
dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan-tujuan badan usaha
misalnya mencapai laba, return of investment, peningkatan omzet penjualan,
menguasai pasar dan sebagainya
·
Menurut
Saladin Marketing Mix atau Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat element
pokok yang terdapat dalam program pemasaran perusahaan
·
Menurut
Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Pemasaran Jasa, Bauran pemasaran
(marketing mix) merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk
membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
·
Menurut
Zeithaml dan Bitner yang dikutip oleh Hurriyati, Bauran pemasaran adalah
elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam
melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen
·
Jadi
bauran pemasaran adalah gabungan dari beberapa unsur pemasaran yang bertujuan
untuk memenuhi keinginan konsumen
Elemen Bauran Pemasaran
Menurut Kotler dan Armstrong ada
Empat kelompok variabel bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P :
·
Produk
(Product) : kombinasi barang dan
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran.
·
Harga
(Price) :
sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk
memperoleh produk.
·
Distribusi
(Place) : aktivitas perusahaan agar
produk mudah didapatkan konsumen Sasarannya.
·
Promosi
(Promotion) : meliputi produk (barang), price (harga), distribusi (place) dan Promosi (kegiatan
memasarkan barang)
Peranan Elemen Bauran Pemasaran dalam Lembaga Pendidikan Menurut Alma
a) P1
= Product : merupakan hal yang paling mendasar yang akan menjadi
pertimbangan preferensi pilihan bagi calon. Misalnya jurusan apa yang tersedia
pada satu universitas, ada jurusan favorit dan ada yang tidak. Demikian pula
performance dari lulusan jurusan tertentu pada universitas tersebut, turut
mempengaruhi pilihan calon.
b) P2
= Price Elemen ini berjalan sejajar dengan mutu produk. Apabila mutu
produk baik, maka calon mahasiswa berani membayar lebih tinggi. Bila SPP
dinaikkan apakah minat masuk PT berkurang? Tidak, sepanjang SPP tersebut masih
dirasa dalam batas keterjangkauan mahasiswa. Akan tetapi ada perguruan tinggi
yang menetapkan SPP tinggi sekali, peminatnya tetap banyak.
c) P3
= Place
Pada umumnya para pimpinan PTS sependapat bahwa
lokasi, letak PTS yang mudah dicapai kendaraan umum, cukup berperan sebagai
bahan pertimbangan calon mahasiswa untuk memasuki PTS
d) P4
= Promotion
Elemen promosi berlebihan mempunyai hubungan
korelatif negative terhadap daya tarik peminat dan ternyata PTS kuat
melaksanakan promosi lebih rendah dari pada PTS lemah.
e) P5
= Physical Evidence
Adalah berupa tampilan bangunan, laboratorium,
lapangan olahraga, pertamanan dsb.
f) P6 = People
Ini dapat berupa perilaku unsure pimpinan PTS,
tercermin pada siapakah yang memimpin?
Figur seorang pimpinan universitas dapat membawa perkembangan pesat bagi
universitas tersebut, dan dapat pula seorang pimpinan menjatuhkan nama baik
lembaga. Dapat juga dosen dan seluruh karyawan yang melayani mahasiswa
g) P7
= Process
Yaitu bagaimana proses yang dialami mahasiswa
selama dalam pendidikan, misalnya proses tentamen, proses bimbingan skripsi,
proses ujian, proses wisuda dsb
Menurut buku
“Manajemen Pemasaran” oleh Prof. Dr. Sofjan Assauri
o
Strategi Produk
• Konsep
produk; produk inti, produk formal, dan produk tambahan.
• Merek
dagang (Brand)
• Kemasan
(Packaging)
• Kualitas/mutu
produk
• Pelayanan
(Services)
• Diversifikasi
produk
• Pengembangan
produk
Siklus
Usaha Produk (Product Life Cycle/PLC)
• Tahap
pengenalan (introduction)
• Tahap
pertumbuhan (growth)
• Tahap
pematangan (maturity)
• Tahap
penurunan (decline)
•
Strategi Harga
Tujuan
Penetapan Harga
•
Memperoleh laba yang maksimum.
•
Mendapatkan share pasar tertentu
•
Mencapai tingkat hasil penerimaan
penjualan maksimum
•
Mencapai keuntungan yang ditargetkan
•
Mempromosikan produk.
•
Strategi Penyaluran/Distribusi
•
Saluran langsung
•
Saluran tidak langsung
•
Strategi Promosi
•
Advertising : yaitu
semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, atau jasa oleh sponsor
yang ditunjuk dengan mendapat bayaran
•
Sales Promotion :
yaitu insentif jangkan pendek untuk
mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa
•
Public relations and publicity: yaitu berbagai program yang
dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk
individual yang dihasilkan.
•
Personal selling :yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih
calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan
•
Direct marketing :
yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon
dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan
surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
0 komentar:
Posting Komentar