Twitter Updates

Pages

Senin, 06 April 2015

Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
·         Menurut Alma dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa “Marketing Mix” adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan-tujuan badan usaha misalnya mencapai laba, return of investment, peningkatan omzet penjualan, menguasai pasar dan sebagainya
·         Menurut Saladin Marketing Mix atau Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat element pokok yang terdapat dalam program pemasaran perusahaan
·         Menurut Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Pemasaran Jasa, Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
·         Menurut Zeithaml dan Bitner yang dikutip oleh Hurriyati, Bauran pemasaran adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen
·         Jadi bauran pemasaran adalah gabungan dari beberapa unsur pemasaran yang bertujuan untuk memenuhi keinginan konsumen
Elemen Bauran Pemasaran
Menurut Kotler dan Armstrong ada Empat kelompok variabel bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P :
·         Produk (Product)        : kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh  perusahaan kepada pasar sasaran.
·         Harga (Price)             : sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk.
·         Distribusi (Place)       : aktivitas perusahaan agar produk mudah didapatkan konsumen Sasarannya.
·         Promosi (Promotion) : meliputi produk (barang), price (harga), distribusi (place) dan Promosi (kegiatan memasarkan barang)


Peranan Elemen Bauran Pemasaran dalam Lembaga Pendidikan Menurut Alma
a)      P1 = Product : merupakan hal yang paling mendasar yang akan menjadi pertimbangan preferensi pilihan bagi calon. Misalnya jurusan apa yang tersedia pada satu universitas, ada jurusan favorit dan ada yang tidak. Demikian pula performance dari lulusan jurusan tertentu pada universitas tersebut, turut mempengaruhi pilihan calon.
b)      P2 = Price Elemen ini berjalan sejajar dengan mutu produk. Apabila mutu produk baik, maka calon mahasiswa berani membayar lebih tinggi. Bila SPP dinaikkan apakah minat masuk PT berkurang? Tidak, sepanjang SPP tersebut masih dirasa dalam batas keterjangkauan mahasiswa. Akan tetapi ada perguruan tinggi yang menetapkan SPP tinggi sekali, peminatnya tetap banyak.
c)      P3 = Place
Pada umumnya para pimpinan PTS sependapat bahwa lokasi, letak PTS yang mudah dicapai kendaraan umum, cukup berperan sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswa untuk memasuki PTS
d)      P4 = Promotion
Elemen promosi berlebihan mempunyai hubungan korelatif negative terhadap daya tarik peminat dan ternyata PTS kuat melaksanakan promosi lebih rendah dari pada PTS lemah.
e)      P5 = Physical Evidence
Adalah berupa tampilan bangunan, laboratorium, lapangan olahraga, pertamanan dsb.
f)        P6 = People
Ini dapat berupa perilaku unsure pimpinan PTS, tercermin pada siapakah yang memimpin?  Figur seorang pimpinan universitas dapat membawa perkembangan pesat bagi universitas tersebut, dan dapat pula seorang pimpinan menjatuhkan nama baik lembaga. Dapat juga dosen dan seluruh karyawan yang melayani mahasiswa
g)      P7 = Process
Yaitu bagaimana proses yang dialami mahasiswa selama dalam pendidikan, misalnya proses tentamen, proses bimbingan skripsi, proses ujian, proses wisuda dsb
Menurut buku “Manajemen Pemasaran oleh Prof. Dr. Sofjan Assauri
o   Strategi Produk
      Konsep produk; produk inti, produk formal, dan produk tambahan.
      Merek dagang (Brand)
      Kemasan (Packaging)
      Kualitas/mutu produk
      Pelayanan (Services)
      Diversifikasi produk
      Pengembangan produk
    Siklus Usaha Produk (Product Life Cycle/PLC)
      Tahap pengenalan (introduction)
      Tahap pertumbuhan (growth)
      Tahap pematangan (maturity)
      Tahap penurunan (decline)
      Strategi Harga
Tujuan Penetapan Harga
      Memperoleh laba yang maksimum.
      Mendapatkan share pasar tertentu
      Mencapai tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum
      Mencapai keuntungan yang ditargetkan
      Mempromosikan produk.
      Strategi Penyaluran/Distribusi
      Saluran langsung
      Saluran tidak langsung
      Strategi Promosi
      Advertising      : yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran
      Sales Promotion          :  yaitu insentif jangkan pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa
      Public relations and publicity: yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
      Personal selling           :yaitu  interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan
      Direct marketing        : yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.






0 komentar:

Posting Komentar